Rabu, 01 Juni 2011

Asal Usul Makanan Unik


Masih ingatkah Anda dengan Wedang Uwuh? Ya, di postingan lalu kita "suguhkan" makanan unik, termasuk jenis minuman sehat - wedang uwuh.


Nah, saya mau lanjutin lagi meng-"hidangkan" makanan unik yang ternyata gak kalah seru dengan yang kemaren.

1.Sate Kere: cobalah ke Solo, sate kere akan mudah ditemui di kota ini. Kere adalah ungkapan bahasa jawa, artinya miskin. 

warung sate kere di solo menyajikan daging dan jeroan sapi, tapi yang dominan sate tempe gembusnya, tempe yang dibuat dari ampas kedele. 

tempe identik dengan makanan orang miskin. sate tempe gembus ini juga berbumbu sambal kacang.

2. Nasi Mawut: Paduan nasi dan mie yang biasanya digoreng. sebagian menyebutnya nasi goreng magelangan. Mawut berkonotasi semrawut, acak-acakan.

Dulu, yang tenar adalah nasi goreng atau bakmi goreng saja. Ketika keduanya dicampur jadi satu, tampak semrawut. 

Meski mawut, nasi ini bercitarasa maknyus. Nasi mawut sangat tenar di Jawa Tengah, DIY, dan sudah berekspansi ke daerah lain.

3. Soto Rumput: Soto kenamaan dari Boyolali, Jawa Tengah. Apakah kuahnya, bercampur rumput? Tentu saja tidak. 

Soto bening tanpa santan paduan nasi, taoge, daging, taburan seledri dan bawang goreng ini sangat menyegarkan. 

Ketika buka tahun 80-an, warung soto ini mangkal di dekat pasar penjual rumput pakan sapi. Agar menarik minat pembeli, soto segar ini dinamakan soto rumput.

4. Colenak: Untuk memberi nama panganan yang berasal dari singkatan kata, warga Sunda adalah jagonya. Colenak adalah dicocol enak. 

Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar dan sajikan dengan saus dari parutan kelapa dan gula merah.

Tape bakar ini dimakan dengan cara dicocol ke saus gula merah.

Kutipan: Nova

1 komentar: